Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Mesir Ambil Alih Jabatan Ketua Uni Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 10 Februari 2019, 22:52 WIB
Presiden Mesir Ambil Alih Jabatan Ketua Uni Afrika
Abdel Fattah El Sisi/Net
rmol news logo Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengambil alih jabatan ketua Uni Afrika (UA) setelah pertemuan para kepala negara dari benua itu di ibukota Ethiopia, Minggu (10/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Pos tersebut berputar setiap tahun antara lima wilayah di benua itu.
 
Dimuat Al Jazeera, Presiden Mesir diperkirakan akan fokus pada perang melawan kelompok-kelompok bersenjata di benua itu dan membangun kembali upaya negara-negara yang pulih dari konflik.
 
"Terorisme tetap menjadi kanker yang mempengaruhi negara-negara Afrika dan mencuri impian rakyat kami dan kami harus mengidentifikasi dan memerangi mereka yang mendanai kegiatan terorisme di benua itu," kata Sisi dalam pidatonya di hadapan majelis UA sesaat setelah pengangkatannya.
 
Dia menekankan, di bawah kepemimpinan Mesir, blok itu akan memprioritaskan mediasi dan diplomasi preventif sebagai salah satu mekanisme utama untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan di benua tersebut.
 
Sisi mengambil alih pimpinan Presiden Rwanda Paul Kagame, yang fokus menciptakan zona perdagangan bebas luas Afrika selama masa jabatannya.
 
"Tidak ada keraguan bahwa Anda (Sisi) akan membawa maju persatuan kami ke tingkat yang baru dan lebih tinggi," kata pemimpin Rwanda itu ketika ia menyerahkan posisinya kepada presiden Mesir.[mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA