Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjualan Iphone Di China Lesu, Huawei Makin Laris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 11 Februari 2019, 23:03 WIB
Penjualan Iphone Di China Lesu, Huawei Makin Laris
Apple/Net
rmol news logo Penjualan perangkat iPhone Apple Inc di China turun 20 persen pada kuartal keempat tahun 2018. Di waktu yang bersamaan, penjualan untuk smartphone yang dibuat oleh saingan yang tumbuh di dalam negeri, Huawei melonjak sebesar 23 persen.
 
Begitu data dari perusahaan riset industri IDC yang dirilis awal pekan ini (Senin, 11/2).
 
Laporan ini adalah yang pertama untuk menempatkan angka tegas pada skala penurunan baru-baru ini dalam penjualan Apple di China setelah Kepala Eksekutif Tim Cook menunjuk China sebagai faktor besar dalam pemotongan langka dalam perkiraan penjualan triwulanan perusahaan bulan lalu.
 
Apple tidak lagi menjelaskan angka terperinci tentang pengiriman iPhone dalam hasil triwulanannya, yang berarti bahwa survei dan pemeriksaan saluran oleh pihak lain seperti IDC sering kali merupakan indikator paling jelas dari pergeseran penjualan.
 
Angka-angka dalam laporan menunjukkan penurunan 19,9 persen dalam pengiriman smartphone Apple pada kuartal terakhir 2018, sementara Huawei tumbuh 23,3 persen.
 
Angka itu mengurangi pangsa pasar Apple menjadi 11,5 persen dari 12,9 persen tahun sebelumnya.
 
"Selain peningkatan kinerja reguler pada 2018 dan perubahan kecil pada eksterior, belum ada inovasi besar yang mendukung pengguna untuk terus mengubah ponsel mereka dengan harga yang sangat meningkat," kata laporan itu, seperti dimuat Channel News Asia.
 
"Lingkungan makro yang parah di China dan serangan terhadap produk-produk inovatif merek domestik juga menjadi alasan terus menurunnya penjualan Apple," bunyi laporan yang sama. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA