Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taman Nasional Virunga Kembali Dibuka Pasca Kasus Penculikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 16 Februari 2019, 20:49 WIB
Taman Nasional Virunga Kembali Dibuka Pasca Kasus Penculikan
Kongo/Net
rmol news logo Taman Nasional Virunga yang terletak di Republik Demokratik Kongo telah dibuka kembali akhir pekan. Taman nasional itu sebelumnya ditutup dengan alasan keamanan setelah kasus penculikan berujung kematian sebuah kelompok wisatawan tahun lalu.
 
Virunga terletak di gunung berapi yang dikelilingi hutan di Afrika tengah dan merupakan rumah bagi lebih dari setengah populasi global gorila gunung.
 
Taman nasional itu ditutup setelah dua warga Inggris dan sopir Kongo mereka diculik Mei lalu oleh orang-orang bersenjata di bagian timur taman. Mereka dibebaskan tiga hari kemudian, tetapi seorang ranger tewas ketika mencoba mempertahankan mereka.
 
"Kami telah mengambil cukup waktu untuk memastikan peningkatan keamanan bagi pengunjung," kata direktur Virunga, Emmanuel Demerode kepada Reuters. Taman dibuka kembali untuk wisatawan pada 15 Februari.
 
Ini adalah taman nasional tertua di Afrika dan cagar hutan hujan tropis terbesar, seluas 7.800 km persegi.
 
Peperangan di Kongo timur antara tahun 1996 dan 2003 telah menewaskan jutaan orang, terutama karena kelaparan dan penyakit.
 
Sejak pariwisata diluncurkan kembali pada tahun 2014, Virunga telah menerima lebih dari 17.000 pengunjung.
 
Tetapi milisi bersenjata masih mengendalikan petak-petak besar wilayah di dalam dan di sekitarnya, dan lebih dari 175 penjaga hutan tewas melindungi taman itu.
 
"Kami terus berupaya menempatkan keamanan personel dan pengunjung kami sebagai inti dari operasi kami," kata Demerode. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA