Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Israel Diam-diam Temui Menlu Maroko?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 18 Februari 2019, 23:38 WIB
PM Israel Diam-diam Temui Menlu Maroko?
PM Israel/Net
rmol news logo Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan pembicaraan rahasia dengan Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita pada bulan September tahun lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Begitu kabar yang dimuat situa berita Amerika Serikat Axios, dan dimuat ulang Al Jazeera (Senin, 18/2).
 
Pertemuan itu, yang berlangsung di sela-sela Majelis Umum PBB di New York, merupakan upaya kedua negara untuk mengekang pengaruh Iran di wilayah tersebut.
 
Kerajaan Afrika Utara itu diketahui memutuskan hubungan dengan Iran pada Mei tahun lalu atas dukungan Iran untuk Front Polisario, sebuah gerakan kemerdekaan Sahara Barat.
 
Bourita pada saat itu memgatakan bahwa Rabat memiliki bukti yang memberatkan tentang peran Iran dalam mendukung gerakan separatis.
 
Kepala diplomat Maroko mengatakan agen-agen Hizbullah memberikan dukungan finansial serta logistik kepada Polisario melalui kedutaan Iran di negara tetangga Aljazair.
 
Netanyahu dan Bourita juga membahas pemulihan hubungan antara kedua negara, yang menikmati hubungan diplomatik penuh pada tahun-tahun antara 1995 dan 2000, setelah Kesepakatan Oslo ditandatangani antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).
 
Namun tidak ada konfirmasi resmi mengenai pertemuan tersebut. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA