Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Mau Kalah Dengan AS, Israel Bersiap Kirim Robot Ke Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 21 Februari 2019, 23:42 WIB
Tidak Mau Kalah Dengan AS, Israel Bersiap Kirim Robot Ke Bulan
Beresheet Israel/BBC
rmol news logo Israel bersiap untuk meluncurkan robot pertamanya ke bulan.
 
Robot Beresheet buatan Israel tersebut adalah upaya yang didanai secara pribadi yang bertujuan untuk mendarat dan melompati permukaan bulan.
 
Hal ini menjadi sorotan karena sebelumnya hanya agensi ruang angkasa pemerintah dari Amerika Serikat, Rusia dan China yang sebelumnya pernah berhasil melakukan pendaratan lembut ke bulan.
 
Robot Beresheet sendiri diketahui memiliki tinggi 1.5 meter dan berat 585 kilogram. Robot ini akan memulai misinya dengan naik ke orbit Bumi dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral di Florida.
 
Setelah dikeluarkan dari kendaraan ini, robot kemudian akan menggunakan mesin buatan Inggris untuk mendorong dirinya ke bulan. Perjalanan akan memakan waktu lebih dari dua bulan.
 
SpaceIL, nirlaba di balik proyek ini, berharap Beresheet akan membuktikan inspirasi bagi semua orang yang mengikuti kemajuannya.
 
"Dengan apa yang kita lakukan dan capai dengan sumber daya terbatas yang kita miliki, dan keterbatasan keuangan yang kita miliki, saya pikir kita menunjukkan kecerdikan Israel," kata donor utama dan ketua SpaceIL, Morris Kahn.
 
"Kami menunjukkan inisiatif kami, dan kami telah mengembangkan teknologi, yang saya pikir akan menjadi penting. Saya pikir kami harus membawa Israel ke luar angkasa," tambahnya seperti dimuat BBC. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA