SpaceX Bawa Robot Israel Dengan Misi Mendarat Di Bulan

Jumat, 22 Februari 2019, 14:58 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Space X/Net

Sebuah roket SpaceX Falcon 9 meluncur dari Florida pada Kamis malam (21/2) membawa pendarat bulan pertama Israel.
 
Jika misi berhasil, maka itu akan menjadikan Israel negara keempat yang berhasil mendaratkan roket di permukaan bulan.
 
Robot tak berawak yang dijuluki Beresheet itu dilepaskan ke angkasa dengan Falcon 9 dari stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral sekitar pukul 8.45 malam waktu setempat.
 
Beresheet yang memiliki ukuran setara dengan ukuran mesin pencuci piring, adalah salah satu dari tiga set kargo yang dibawa tinggi oleh Falcon 9, bagian dari armada roket swasta milik pengusaha miliarder Elon Musk, perusahaan SpaceX yang berbasis di California, SpaceX.
 
Dua muatan roket lainnya adalah satelit telekomunikasi untuk Indonesia dan satelit eksperimental untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.
 
Dalam misi kali ini, seperti dimuat Reuters, Falcon 9 membawa Beresheet. Robot itu dibuang ke orbit Bumi sekitar 34 menit setelah peluncuran, diikuti 15 menit kemudian oleh rilis dua satelit.
 
Beresheet dijadwalkan untuk mencapai tujuannya di sisi dekat bulan pada pertengahan April mendatang setelah perjalanan dua bulan melalui 4 juta mil.
 
Jalur penerbangan langsung dari Bumi ke bulan akan mencakup kira-kira 386.242 km,!tetapi Beresheet akan mengikuti rute yang lebih berliku. [mel]

Kolom Komentar


loading