Farah.ID
Farah.ID

Koalisi Partai Penguasa Malaysia Kalah Di Pemilu Sela, Popularitas Mahathir Menurun?

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 03 Maret 2019, 22:49 WIB
Koalisi Partai Penguasa Malaysia Kalah Di Pemilu Sela, Popularitas Mahathir Menurun?
Mahathir Mohamad/Net
Koalisi yang berkuasa di Malaysia kehilangan konstituensi di negara bagian dalam pemilihan sela pada akhir pekan ini (Sabtu, 2/3).
 
Koalisi Pakatan Harapan Perdana Menteri Mahathir Mohamad atau Aliansi Harapan, kehilangan kursi di daerah pemilihan Semenyih di negara bagian Selangor.
 
Koalisi tersebut sebenarnya memenangkan kursi pada Mei 2018 lalu, namun karena anggota parlemen wafat Januari lalu, pemilihan sela harus dilakukan. Hasilnya, koalisi kehilangan kursi dan direbut oleh Barisan Nasional.
 
Hasil tersebut merupakan pukulan bagi koalisi Mahathir, yang menghadapi kritik karena gagal memberikan reformasi yang dijanjikan dengan cepat pasca menang dari Najib Razak dalam pemilu tahun lalu.
 
Reuters memuat, kekalahan itu juga bisa menjadi tanda berkurangnya popularitas Mahathir.
 
Diketahui bahwa Mahathir mendapat banyak dukungan datang dari etnis minoritas China dan India dalam pemilu tahun lalu. Tetapi, menurut prediksi lembaga survei Merdeka Center Malaysia, koalisi itu memperoleh suara hanya 30 persen pemilih Melayu.
 
Jajak pendapat yang diterbitkan lembaga yang sama sejak saat itu menunjukkan koalisi telah kehilangan dukungan di kalangan orang Melayu. Banyak yang khawatir bahwa kebijakan afirmatif yang mendukung mereka dalam bisnis, pendidikan dan perumahan dapat diubah di bawah kepemimpinan Mahathir.

ARTIKEL LAINNYA