Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Percepat Kerjasama IA CEPA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 04 Maret 2019, 14:07 WIB
Indonesia Percepat Kerjasama IA CEPA
rmol news logo .Setelah sembilan tahun berunding, akhirnya perjanjian kerjasama Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) diresmikan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (4/3).

Penandatangan ini dilakukan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, dan pemerintah Australia yang diwakilkan oleh Menteri Perdagangan, Investasi dan Pariwisata Australia Simon Birmingham.

Enggar mengatakan, perjanjian kerja sama IA CEPA ini telah melalui perjalanan sembilan tahun perundingan atau tepatnya pada Bulan April Tahun 2005, dan dalam 2,5 tahun terakhir pihaknya dan Australia memutuskan untuk menyepakatinya.

"Kita menyepakati bersama dengan Australia atas perjalanan ini kita men-speed up karena pada dasarnya perjanjian ini akan sangat manfaat bagi kedua negara," kata Enggar.

Lanjut dia, kerja sama ini dilakukan sangat komprehensif yang memberikan manfaat banyak terhadap keduanya dengan mencakup investasi, pendidikan bidang keamanan, lingkungan, pendidikan, isu-isu transnasional dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Sangat komprehensif bukan hanya saja treating good, tetapi juga investment services dan banyak hal, termasuk sekali lagi kita akan mendapatkan kelebihan dari aspek pendidikan vocational, training dan berbagai hal yang lain," lanjut Enggar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA