Bangladesh Siap Pindahkan Pengungsi Rogingya Ke Pulau Tak Berpenghuni, PBB Cemas

Senin, 11 Maret 2019, 23:12 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Pengungsi Rohingya/Net

Bangladesh beresiko menciptakan krisis baru bagi para pengungsi Rohingya jika menlanjutkan rencana untuk memindahkan 230 ribu pengungsi Rohingya ke sebuah pulau tak berpenghuni bernama Bhasan Char.
 
Begitu peringatan yang dikeluarkan oleh utusan HAM PBB untuk Myanmar, Yanghee Lee (Senin, 11/3).
 
Lee mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa awal pekan ini bahwa dia tidak yakin apakah pulau di Teluk Bengal yang akan menjadi tempat relokasi itu layak huni atau tidak.
 
Karena itulah, jika relokasi dilakukan tanpa persetujuan para pengungsi, maka hanga akan berpotensi menciptakan krisis baru.
 
Sementara itu, sejumlah aktivis HAM memperingkan bahwa para pengungsi akan terjebak jika direlokasi ke Bhasan Char.
 
Pasalnya, pulau itu berlumpur dan merupakan dataran rendah yang sering banjir selama musim hujan dan hanya memberikan sedikit peluang mata pencaharian.
 
Dikabarkan Al Jazeera, meskipun ada keberatan, pemerintah Bangladesh pada akhirnya berharap untuk memindahkan 100.000 warga Rohingya ke pulau itu. Pemerintah Bangladesh beralasan bahwa langkah itu akan dapat mengurangi tekanan pada kamp yang penuh sesak.
 
Diketahui bahwa lebih dari 730.000 warga Rohingya tinggal di kamp-kamp yang penuh sesak di Bangladesh setelah melarikan diri dari Rakhine di Myanmar sejak akhir 2017 lalu.

Kolom Komentar