Tiga Strategi Indonesia Dukung Perdamaian Afghanistan

Jumat, 15 Maret 2019, 10:23 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Afghanistan Salahuddin/RMOL

Indonesia kembali menegaskan komitmen dan dukungan penuh bagi perdamaian di Afghanistan.

Penegasan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Afghanistan Salahuddin dalam pertemuan tertutup di salah satu ruangan Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).

"Kami di dalam pertemuan tadi juga membahas berbagai kemajuan yang terjadi di dalam proses perdamaian di Afghanistan. Sekali lagi Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk terus berkontribusi di dalam proses perdamaian di Afghanistan," tegas Menlu Retno.

Dalam mendukung perdamaian Afghanistan, Indonesia menekankan tiga strategi, yaitu trust building, peace building dan state building, serta di fora internasional.

Dijelaskan Menlu Retno bahwa trust building adalah salah satu elemen penting dalam setiap proses perdamaian, seperti halnya Indonesia pada tahun lalu menjadi tuan rumah dari bilateral ulama meeting, yang didalamnya juga menekankan perdamaian.

"Indonesia siap memberikan fasilitasi terhadap hal-hal atau kegiatan yang terkait dengan trust building,” kata Menlu Retno.

Sementara untuk peace building dan state building, Indonesia kembali menawarkan capacity building dan beasiswa pada para pelajar di Afghanistan, termasuk penekanan peran perempuan dalam perdamaian.

"Pada pertemuan ini kita membahas mengenai 100 beasiswa yang ditawarkan Indonesia untuk bidang minyak gas dan pertambangan, kita juga menawarkan pelatihan untuk prosedur ekspor dan impor, dan ini sudah kita lakukan juga pada tahun sebelumnya," tuturnya.

Di fora internasional termasuk di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB),  Indonesia akan berupaya meningkatkan konektivitas dalam mendukung perdamaian. Terlebih Indonesia kini menjadi anggota Dewan Keamanan PBB tidak tetap Tahun 2019-2021.

"Tadi pagi saya komunikasi dengan Duta Besar kita di New York. Saat ini Indonesia dan Jerman tengah merumuskan resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai perpanjangan mandat UNAMA (UN Nation in Afghanistan). PBB di Dewan Keamanan Indonesia terus mendukung peran PBB untuk mendukung perdamaian dan stabilitas di Afghanistan," tandasnya. 

Kolom Komentar


loading