Erdogan: Cara Selandia Baru Tangani Teror Penembakan Masjid Christchurch Patut Jadi Contoh

Sabtu, 23 Maret 2019, 00:35 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Erdogan/Net

Sikap dunia dalam menanggapi Islamophobia yang tengah berkembang pasca teror penembakan dua masjid di Christchurch Selandia Baru haruslah sama seperti menanggapi anti-semitisme pasca Holocaust.
 
"Sama seperti manusia berperang melawan anti-Semitisme setelah bencana Holocaust, (dunia) harus berperang melawan meningkatnya Islamofobia dengan cara yang sama," kata Erdogan dalam pertemuan darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Jumat (22/3).
 
Dalam pidatonya di pertemuan para menteri luar negeri anggota OKI di Istanbul, Erdogan juga memuji kepekaan yang ditunjukkan oleh pemerintah Selandia Baru dan Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam menanggapi teror penembakan dia masjid di Christchurch tersebut.
 
"Empati dan solidaritas yang ditunjukkan oleh Ardern terhadap umat Islam harus menjadi contoh bagi semua pemimpin dunia," katanya seperti dimuat Al Jazeera.
 
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga memuji otoritas Selandia Baru atas penanganan yang baik dalam menghadapi teror.
 
"Kami di sini untuk menunjukkan bahwa kami adalah satu tubuh yang menentang tindakan Islamofobia di seluruh dunia," jelasnya.

Kolom Komentar