Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinyatakan Bersih Dari Persekongkolan Dengan Rusia, Trump: Tidak Ada Kolusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 25 Maret 2019, 16:26 WIB
Dinyatakan Bersih Dari Persekongkolan Dengan Rusia, Trump: Tidak Ada Kolusi
Donald Trump/Net
rmol news logo Kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan tidak bersekongkol dengan Rusia selama pemilu 2016 lalu. Begitu ringkasan laporan Penasihat Khusus Robert Mueller yang diajukan ke Kongres pada hari Minggu (22/3). Laporan itu dirangkum untuk Kongres oleh jaksa agung, William Barr.
 
Laporan tersebut adalah puncak dari investigasi selama dua tahun yang dipimpin oleh Mueller dengan melakukan investigasi pada beberapa mantan pembantu terdekat presiden Trump. Beberapa di antaranya dituntut, dan bahkan dalam beberapa kasus, dipenjara.
 
"Walaupun laporan ini tidak menyimpulkan bahwa presiden melakukan kejahatan, (laporan) itu juga tidak membebaskannya," tulis Mueller dalam laporannya.
 
Surat ringkasan yang dibuat oleh Barr menguraikan temuan penyelidikan terkait dengan upaya Rusia untuk mempengaruhi pemilihan presiden 2016.
 
"Penasihat khusus tidak menemukan bahwa orang Amerika Serikat atau pejabat kampanye Trump bersekongkol atau dengan sadar berkoordinasi dengan Rusia," tulis Barr dalam kesimpulannya.
 
Bagian kedua surat itu membahas masalah penghalang keadilan. Ringkasan Barr mengatakan laporan penasihat khusus akhirnya bertekad untuk tidak membuat penilaian penuntutan tradisional.
 
"Karena itu Penasihat Khusus tidak menarik kesimpulan, dengan satu atau lain cara, apakah perilaku yang diperiksa merupakan halangan," bunyi surat itu.
 
Meski begitu, laporan tidak menarik kesimpulan apakah Trump secara ilegal menghalangi keadilan.
 
Lebih lanjut Barr menekankan bahwa bukti tidak cukup untuk menetapkan bahwa Trump melakukan pelanggaran obstruksi keadilan.
 
Barr mengakhiri suratnya ke Kongres dengan mengatakan, dia akan melepaskan lebih banyak dari laporan lengkap, tetapi beberapa materi tunduk pada pembatasan.
 
"Mengingat pembatasan ini, jadwal untuk memproses laporan sebagian tergantung pada seberapa cepat Departemen dapat mengidentifikasi materi (grand jury) yang oleh hukum tidak dapat dipublikasikan," tulisnya.
 
"Saya telah meminta bantuan Penasihat Khusus dalam mengidentifikasi semua informasi yang terkandung dalam laporan secepat mungkin," tambahnya seperti dimuat BBC.
 
Menanggapi hal itu, Trump menyebut bahwa memang tidak ada persekongkolan antara dirinya dan Rusia.
 
"Tidak Ada Kolusi, Tidak Ada Halangan," tulis Trump di akun Twitternya.
 
Trump, yang berulang kali menggambarkan penyelidikan sebagai "perburuan penyihir", mengatakan akhir pekan kemarin bahwa adalah hal yang memalukan ketika negara harus melalui masalah semacam itu. Dia juga menggambarkan penyelidikan sebagai penghapusan ilegal yang gagal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA