Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Modi: India Kini Kekuatan Luar Angkasa Yang Mapan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 27 Maret 2019, 19:40 WIB
Modi: India Kini Kekuatan Luar Angkasa Yang Mapan
Narendra Modi/Net
rmol news logo India saat ini merupakan kekuatan luar angkasa yang mapan. Begitu kata Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sebuah pidato (Rabu, 27/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Dia mengatakan bahwa India sekarang merupakan kekuatan luar angkasa dalam liga super antariksa karena telah berhasil menembak jatuh satelit orbit rendah dalam uji coba rudal.
 
Menurut Modi, dengan peluncuran rudal anti-satelit (ASAT) yang berhasil, India menjadi negara keempat setelah Amerika Serikat, China, dan Rusia yang memiliki teknologi ini. Dia mengatakan bahwa hal itu akan membuat India lebih kuat, bahkan lebih aman dan akan memajukan perdamaian dan harmoni.
 
Ketika China melakukan tes serupa pada 2007 dan menghancurkan satelit cuaca, hal itu menyebabkan kekhawatiran internasional atas kemungkinan perlombaan senjata antariksa.
 
Ada juga kekhawatiran bahwa puing-puing dari pengujian semacam itu dapat membahayakan operasi satelit sipil dan militer. Namun, India mengatakan bahwa pihaknya sengaja melakukan tes di atmosfer yang lebih rendah untuk memastikan tidak ada puing dan apa pun yang tersisa akan membusuk dan jatuh kembali ke bumi dalam beberapa minggu.
 
Meskipun kabar itu menggembirakan bagi warga India, namun waktu pengumuman tersebut menimbulkan pertanyaan.
 
Dengan kurang dari dua minggu untuk pemilihan nasional, oposisi menuduh Modi mencoba untuk mencetak poin politik dan mengambil kredit untuk pencapaian badan antariksa negara itu.
 
Menteri Benggala Barat, Mamata Banerjee mengatakan, Modi sedang berusaha "meraup keuntungan politik" pada saat pemilihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA