Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Juga Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 29 Maret 2019, 09:47 WIB
Indonesia Juga Pasifik
Tantowi Yahya/KBRI Selandia Baru
rmol news logo Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya menjelaskan bahwa kepasifikan Indonesia didukung oleh fakta geografis lima provinsi di timur yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT terletak di Samudera Pasifik.

Dari sisi sosial dan budaya menurut Tantowi, lebih dari separuh komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia ada di Indonesia.

Hal ini disampaikan Tantowi dalam forum Pacific Exposition 2019 yang diselenggarakan di Wellington Club.

"Dengan dukungan data dan fakta ini, dengan bangga saya katakan Indonesia adalah bagian tak terpisahkan dari pasifik, bagian dari komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia. Oleh karenanya Indonesia, sebagai bagian dari Middle Income Goup countries, anggota G20 dan yang lebih penting lagi sebagai bagian dari pasifik merasa terpanggil untuk berkontribusi di wilayah ini," papar Tantowi di hadapan para akademisi, pengusaha, perwakilan pemerintah Selandia Baru dan beberapa negara Pasifik.

Tantowi menjelaskan ini sebagai awal dari presentasinya untuk Pacific Exposition 2019, pameran perdagangan, investasi dan pariwisata yang akan diadakan di Auckland, Selandia Baru tanggal 12-14 Juli 2019.

Expo yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini adalah inisiatif Indonesia yang kemudian diadopsi menjadi program bersama Indonesia, Australia dan Selandia Baru dalam kerangka Trilateral Cooperation.

Diharapkan 19 negara di Pasifik Selatan ambil bagian dalam pameran bersama tersebut. Inilah forum di mana semua negara di kawasan pasifik dapat memamerkan semua produk ekspor mereka serta potensi investasi dan pariwisata yang dimiliki.

"Pacific Exposition adalah peluang bagi kita untuk mengoneksikan lima provinsi kita di timur dengan negara-negara di Pasifik secara ekonomi," kata mantan anggota DPR dari Fraksi Golkar ini.

Dampak dari expo ini diharapkan akan terjadi interaksi antara mereka dengan mitranya di Pasifik.

"Sementara bagi para pengusaha, ekspor tir dan investor, inilah peluang untuk masuk ke pasar yang belum banyak kita garap selama ini," jelas Tantowi.

Pacific Exposition adalah upaya tiga negara untuk menciptakan momentum Pasifik. Pasifik yang bersatu untuk menciptakan region ekonomi baru dengan kekuatan 300 juta jiwa dengan GDP 2,6 triliun dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA