Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemburu Badak Tewas Diserang Gajah Dan Dimakan Singa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 08 April 2019, 12:59 WIB
Pemburu Badak Tewas Diserang Gajah Dan Dimakan Singa
Gajah/Net
rmol news logo Seorang pemburu badak ditemukan tidak bernyawa di taman nasional Kruger Afrika Selatan baru-baru ini.
 
Dia diyakini telah diserang oleh seekor gajah dan kemudian dimakan oleh seekor singa selama insiden di taman nasional tersebut.
 
Brigadir polisi Leonard Hlathi mengatakan, polisi menerima informasi bahwa sekelompok pria telah pergi ke taman itu pada 1 April untuk memburu badak. Namun tiba-tiba, seekor gajah menyerang dan membunuh salah satu dari mereka.
 
“Kaki tangannya mengklaim telah membawa tubuhnya ke jalan sehingga orang yang lewat bisa menemukannya di pagi hari. Mereka kemudian menghilang dari taman," jelas Hlathi.
 
Dia mengatakan, kelompok pria itu meninggalkan taman dan memberi tahu anggota keluarga almarhum apa yang terjadi. Pihak keluarga kemudian menghubungi polisi.
 
Segera setelah menerima laporan, penjaga taman mulai mencari pria itu, dengan berjalan kaki dan dibantu pencarian lewat udara. Tetapi jasad pria itu tidak dapat ditemukan.
 
Polisi dan dan penjaga taman kembali pada tanggal 4 April dan dapat menemukan jasad lelaki itu di bagian Jembatan Buaya di taman.
 
"Indikasi yang ditemukan di tempat kejadian menunjukkan bahwa singa telah melahap sisa-sisa tubuhnya dan hanya menyisakan tengkorak manusia dan sepasang celana," kata manajer umum komunikasi untuk taman nasional Kruger, Isaac Phaahla seperti dimuat The Guardian (Senin, 8/4).
 
Pasca jasad tersebut ditemukan, sebanyak tiga pria yang berusia antara 26 dan 35 tahun ditangkap di daerah KaMhlushwa dan Komatipoort.
 
Para tersangka muncul di pengadilan pada tanggal 5 April dengan tuduhan memiliki senjata api dan amunisi tanpa lisensi, konspirasi untuk perburuan serta pelanggaran tanpa izin.
 
Selain itu, investigasi soal penyebab pasti kematian pria tersebut juga dilakukan. Pelaksana pengelolaan taman nasional Kruger mengatakan bahwa tindakan perburuan semacam itu ilegal.
 
"Memasuki taman nasional Kruger secara ilegal dan berjalan kaki adalah tindakan yang tidak bijaksana, hal itu mengandung banyak bahaya dan kejadian ini adalah bukti dari hal itu," jelasnya.
 
Masalah perburuan liar masih menjadi masalah serius bagi Afrika Selatan, yang merupakan rumah bagi hampir 80 persen badak dunia.
 
Menurut kelompok Save the Rhino, lebih dari 1.000 badak dibunuh oleh pemburu liar setiap tahun di Afrika Selatan antara tahun 2013 dan 2017. Jumlahnya turun menjadi 769 untuk 2018.
 
Taman nasional Kruger sendiri memiliki konsentrasi badak terbesar di bumi dan sering menjadi sasaran pemburu liar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA