Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbatasan Baru China-Korea Utara Dilengkapi Pendeteksi Radiasi Nuklir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 11 April 2019, 00:04 WIB
Perbatasan Baru China-Korea Utara Dilengkapi Pendeteksi Radiasi Nuklir
China/Net
rmol news logo China membuka perbatasan baru dengan Korea Utara pekan ini.
 
Penyeberangan perbatasan jalan raya baru yang dibuka di kota timur laut Ji'an itu melengkapi tiga pelabuhan yang ada dengan Korea Utara.
 
"Setelah tiga tahun upaya tak henti-hentinya, Pelabuhan Jalan Raya Ji'an-Manpo China-Korea Utara secara resmi dibuka," begitu keterangan yang dirilis pemerintah kota Ji'an seperti dimuat AFP (Rabu, 20/4).
 
Proyek ini menelan biaya 280 juta yuan. Pemerintah setempat memperkirakan, dengan dibukanya perbatasan baru maka akan ada 500.000 ton barang dan 200.000 orang yang menyeberang melalui pelabuhan baru setiap tahun.
 
Sejauh ini China adalah mitra dagang terbesar Korea Utara. Angka-angka Bea Cukai China menunjukkan ekspor Korea Utara ke China telah anjlok lebih dari 90 persen sejak 2016, turun menjadi 213 juta dolar AS tahun lalu.
 
Setelah upacara pembukaan, sebanyak 120 turis pertama melintasi perbatasan. Turisme China ke Korea Utara meningkat karena hubungan antar negara telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
 
Pemerintah Ji'an dalam pernyataanya menjelaskan bahwa perbatasan tersebut dilengkapi dengan gerbang pendeteksi radiasi nuklir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA