Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aljazair Gelar Pemilu 4 Juli 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 11 April 2019, 07:53 WIB
Aljazair Gelar Pemilu 4 Juli 2019
Aljazair/Ilustrasi Amelia Fitriani
rmol news logo Presiden Aljazair yang baru ditunjuk menetapkan 4 Juli sebagai tanggal pemilihan presiden yang sempat ditunda.
 
Pengumuman itu disampaikan pada hari Rabu (10/4), sehari setelah Abdelkader Bensalah diangkat sebagai presiden sementara selama 90 hari, menggantikan pemimpin lama Abdelaziz Bouteflika yang mengundurkan diri minggu lalu.
 
Bensalah, yang tidak akan dapat mencalonkan diri dalam pemilihan, menandatangani keputusan tentang pemungutan suara tidak lama setelah mengambil jabatan pada hari Selasa (9/4).
 
Dalam pidato yang disiarkan televisi negara itu, pria berusia 77 tahun itu berjanji untuk memberikan pemilihan yang bebas dan transparan dalam masa jabatannya dan mengatakan dia berharap pemungutan suara akan mengembalikan seorang presiden yang berkomitmen untuk membangun Aljazair baru.
 
Bensalah juga mengumumkan rencana untuk segera membentuk badan "berdaulat", dengan bantuan kelas politik dan masyarakat sipil, untuk membantu menetapkan persyaratan yang diperlukan untuk proses jujur.
 
Namun Al Jazeera memuat, pengangkatannya gagal memadamkan para pemrotes. Ribuan orang pada Rabu (10/4) turun ke jalan-jalan ibukota, Algiers untuk menyerukan perbaikan politik total.
 
Tentara bersumpah untuk mengawasi periode transisi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA