Ekuador Tangkap Orang Dekat Julian Assange, Inikah Sosoknya?

Jumat, 12 April 2019, 21:24 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Penangkapan Julian Assange di London/Net

Seorang pria yang terkait dengan salah seorang pendiri Wikileaks, Julian Assange ditangkap di Ekuador untuk tujuan investigasi.
 
"Seseorang yang dekat dengan Wikileaks, yang telah tinggal di Ekuador, ditangkap sore ini ketika dia bersiap untuk melakukan perjalanan ke Jepang," kata Menteri Dalam Negeri Ekuador Maria Romo tanpa menyebutkan identitas pria tersebut atau investigasi yang dimaksudkan.
 
Namun, seorang pejabat Ekuador yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Associated Press bahwa seorang pria bernama Ola Bini yang adalah pengembang perangkat lunak Swedia yang tinggal di ibukota Ekuador, Quito, ditangkap ketika pihak berwenang berusaha membongkar lingkaran Assange pasca penangkapannya di Kedutaan Besar Ekuador di London pekan ini.
 
Pejabat itu berbicara dengan syarat anonimitas dan tidak memberikan rincian tambahan tentang Bini.
 
Penangkapan itu terjadi beberapa jam setelah Assange sendiri ditangkap di kedutaan Ekuador di London.
 
Dalam sebuah blog, Bini menggambarkan dirinya sebagai pengembang perangkat lunak yang bekerja di Quito untuk Pusat Otonomi Digital, sebuah kelompok yang berbasis di Ekuador dan Spanyol yang berfokus pada masalah privasi, keamanan, dan kriptografi. Itu tidak menyebutkan afiliasi dengan Wikileaks.
 
Di Twitter sebelumnya pada hari Kamis (11/4), Bini menyebut klaim yang dikeluarkan okeh Romo bahwa peretas Rusia dan seseorang yang dekat dengan Wikileaks sangat mengkhawatirkan Ekuador.
 
"Ini sepertinya berburu penyihir bagiku," tulis Bini.

Kolom Komentar