Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbang Perdana, Pesawat Terbesar Di Dunia Bawa Mimpi Paul Allen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 14 April 2019, 19:06 WIB
Terbang Perdana, Pesawat Terbesar Di Dunia Bawa Mimpi Paul Allen
Roc, pesawat terbesar di dunia terbang perdana/Net
rmol news logo Pesawat terbesar di dunia melakukan penerbangan ujicoba pertama pada hari Sabtu (13/4) di California.

Mega jet, yang disebut Roc itu memiliki lebar sayap sepanjang rata-rata lapangan sepak bola di Amerika Serikat dan ditenagai oleh enam mesin di pesawat kembar.

Pesawat itu melakukan penerbangan perdananya di atas Gurun Mojave.

Pesawat, yang dibangun oleh Stratolaunch Systems Corp itu terbang selama lebih dari dua jam dab mencapai kecepatan tertinggi yakni 304 km per jam serta mencapai ketinggian 5.182 meter.

Pesawat kemudian mendarat dengan selamat di Pelabuhan Udara dan Antariksa Mojave dan disambut dengan sorak sorai ratusan orang yang menanti.

"Sungguh penerbangan pertama yang luar biasa," kata Chief Executive Officer Stratolaunch Jean Floyd dalam pernyataan yang diposting di situs web perusahaan.

"Penerbangan hari ini lebih jauh dari misi kami untuk memberikan alternatif yang fleksibel untuk sistem peluncuran darat," kata Floyd.

"Kami sangat bangga dengan tim Stratolaunch, kru penerbangan hari ini, mitra kami di Northrup Grumman Scaled Composites dan Mojave Air and Space Port," tambahnya seperti dimuat BBC.

Stratolaunch sendiri diketahui didirikan pada tahun 2011 lalu oleh salah satu pendiri Microsoft Paul Allen, yang meninggal pada Oktober tahun lalu.

Perusahaan tersebut dibangun dengan tujuan untuk membuat akses ke orbit lebih terjangkau dan dapat diakses dengan meluncurkan satelit ke ruang angkasa dari pesawat, bukan dari darat.

"Kita semua tahu Paul akan bangga menyaksikan pencapaian bersejarah hari ini. Pesawat itu adalah pencapaian teknik yang luar biasa dan kami mengucapkan selamat kepada semua orang yang terlibat," kata saudara perempuan miliarder Jody Allen, yang juga merupakan ketua dari kepercayaan filantropisnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA