Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seratus Persen Pemilih Di Korut Nyoblos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 14 April 2019, 22:31 WIB
Seratus Persen Pemilih Di Korut <i>Nyoblos</i>
Pemilu di Korut/Net
rmol news logo Sebanyak 24 Warga Negara Indonesia (WNI) berpartisipasi menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) 001 di KBRI Pyongyang pada Minggu, (14/4).

Pemungutan suara dilakukan sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Pyongyang Korea Utara telah menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) dengan rincian sebanyak 16 daftar pemilih tetap (DPT), 6 daftar pemilih tambahan (DPTb), dan 2 Daftar Pemilih Khusus (DPK), termasuk seorang turis asal Indonesia yang sedang berkunjung.

”Dengan jumlah tersebut, tingkat partisipasi WNI di Korea Utara pada Pemilu 2019 mencapai 100 persen, bahkan lebih karena ada satu orang tambahan,” tutur Ketua PPLN Pyongyang Cecep Junaria melalui keterangan tertulis yang diterima.

Dia memastikan bahwa proses pemungutan suara telah berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Namun demikian, penghitungan suara baru akan dilakukan pada Rabu (17/4).

Secara terpisah, Dutabesar RI untuk Korea Utara Berlian Napitupulu mengaku memang telah mengingatkan agar seluruh WNI di Pyongyang Korea Utara berpartisipasi aktif dalam Pemilu Serentak 2019 dari jauh-jauh hari.

Dia menguraikan bahwa proses demokrasi Indonesia sudah memasuki tahap yang sangat penting, yaitu consolidated democracy. Ibarat sebuah pesawat, kata dia, maka pesawat Republik Indonesia saat ini sedang lepas landas.

“Jadi semua warga negara harus ikut di dalam pesawat. Semua WNI yang berhak harus berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab. Jangan sampai golput. Jangan sampai no vote. Jangan sampai tidak casting ballot," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA