Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antusias, 95 Persen Surat Suara Terpakai Di KBRI Budapest

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 15 April 2019, 06:47 WIB
Antusias, 95 Persen Surat Suara Terpakai Di KBRI Budapest
Pemilu di Budapest/KBRI Budapest
rmol news logo Pemilihan umum tahun 2019 disambut antusias oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di Budapest Hongaria. Hal itu terlihat dari tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara yang digelar di KBRI Budapest akhir pekan kemarin yang mencapai 95 persen.

Menurut keterangan pihak KBRI Budapest yang diterima redaksi (Minggu, 14/3), WNI Budapest melaksanakan pemilu dengan lancar, tertib dan damai.

Pemungutan suara sendiri digelar pada Sabtu (12/4). Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Merujuk pada catatan terakhir di PPLN Budapest, dari jumlah surat suara DPT + 2 persen yakni total 181 surat suara, 178 di antaranya terpakai. Pemilih hadir untuk menggunakan hak suara mereka.

Sementara itu, dari Metode Pos, sebanyak 155 surat suara telah dikirim. 136 di antaranya sudah kembali ke PPLN Budapest. 

Ketua PPLN Budapest, M. Faisal Fadhil bersama salah satu Anggotanya, Ratih Dewi menyampaikan bahwa salah satu indikator dari suksesnya pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih atau voters turn out.

Target partisipasi pemilih yang ditetapkan oleh KPU sebesar 77,5 persen dan dapat dilihat bahwa di Hongaria, partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi tahun ini sangat tinggi, bahkan mendekati 95 persen.

Dubes RI untuk Hongaria yang baru saja menyerahkan Credentialnya 8 April Lalu, Y.M A.H Dimas Wahab beserta keluarga ikut memilih di TPS 001 sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Untuk memeriahkan suasana, sejumlah kegiatan menarik digelar di TPS 001 Budapest, seluruh petugas PPLN dan KPPSLN mengenakan pakaian Nasional untuk menyelami makna Bhinneka Tunggal Ika.

Para pemilih juga dihibur oleh Paduan Suara Libels (SMA Lima Belas Surabaya) yang kebetulan sedang berkompetisi di Budapest. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA