Penantang Menolak Hadir, Capres Petahana Ukraina Debat Dengan Podium Kosong

Senin, 15 April 2019, 06:59 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Poroshenko dan podium kosong/BBC

Calon presiden petahan Ukraina Petro Poroshenko berdebat dengan podium kosong setelah saingannya Volodymyr Zelensky menolak hadir dalam debat tersebut.

Poroshenko berbicara sendiri kepada ribuan orang di Stadion Olympiyskiy, Kiev akhir pekan kemarin (Minggu, 14/4).

Poroshenko dan Zelensky sebelumnya telah menyetujui debat yang disiarkan televisi minggu lalu, tetapi gagal menyepakati tanggal yang akan dilangsungkan.

Zelensky lebih menginginkan hari Jumat pekan depan sebagai waktu debat, sedangkan Poroshenko menginginkan debat akhir pekan kemarin.

Petahan menggunakan waktu tunggu selama 45 menit di podium untuk menjawab pertanyaan wartawan, dan menyerang lawannya yang absen.

Poroshenko sendiri diketahui tertinggal dari Zelensky dalam pemilu putaran pertama pekan lalu.

Poroshenko dinilai para kritikus tidak cukup berbuat untuk memerangi isu-isu seperti korupsi di negara Eropa Timur.

Namun Poroshenko menilai bahwa rivalnya yang merupakan bintang komedi televisi minim pengalaman politik.

"Jika dia (Zelensky) bersembunyi dari orang-orang lagi, jika dia takut, kita akan mengundangnya lagi. Kita akan mengundangnya setiap hari ke setiap pertunjukan langsung untuk seluruh negara untuk melihat siapa yang akan dipilih untuk lima tahun ke depan," katanya kepada kerumunan dan kamera televisi pada saat kedatangannya, seperti dimuat BBC.

Zelenksy sejauh ini mengabaikan aturan yang biasa di sekitar kampanye. Dia tidak melakukan aksi unjuk rasa dan tidak memberikan beberapa wawancara. Dia lebih suka berkomunikasi melalui media sosial.
Tag:

Kolom Komentar