Pemilu Di KBRI Quito Diikuti 35 Pemilih

Senin, 15 April 2019, 08:59 WIB | Laporan: Widian Vebriyanto

Pemilu di Ekuador/Net

Sebanyak 35 orang pemilih melakukan pencoblosan di TPSLN KBRI Quito, Ekuador pada Selasa (9/4) waktu setempat.

Pelaksanaan pemilu di KBRI dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Pemilu diikuti oleh 34 orang pemilih yang terdaftar dalam DPTLN Quito dan 1 orang lainnya merupakan pemilih DPK atau Daftar Pemilih Khusus.

Total pemilih di Quito adalah sebanyak 61 orang. Tapi yang terdaftar di TPSLN KBRI Quito hanya sebanyak 35 orang, termasuk 1 pemilih DPK. Sementara 26 orang pemilih melakukan pemilihan melalui fasilitas pos. Ini lantaran sebaran WNI di Ekuador yang cukup beragam di beberapa wilayah di Ekuador yang tidak mudah bagi mereka untuk datang langsung ke TPSLN di KBRI Quito.

Dubes RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono menyampaikan bahwa pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, aman, tertib dan penuh kekeluargaan dimana seluruh WNI yang tinggal di Kota Quito hadir untuk melaksanakan pencoblosan di TPSLN KBRI Quito.

“Bahkan WNI yang tinggal di luar kota Quito dan telah mengirimkan surat suaranya melalui pos, ada yang menyempatkan hadir di TPSLN KBRI Quito untuk bersilaturahmi dengan WNI lainnya dan melepas rindu terhadap makanan Indonesia yang disiapkan PPLN KBRI Quito”,  demikian ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (15/4).

Panitia Pemilihan Luar Negeri KBRI Quito dan KPPSLN terdiri dari unsur masyarakat baik para misionaris, chef yang bekerja di restoran Indonesia dan staf KBRI Quito. Seluruh anggota PPLN dan KPPSLN ini bekerja keras untuk mensukseskan pesta demokrasi ini sehingga seluruh WNI di Ekuador dapat menyalurkan hak konstitusinya dalam Pemilu 2019.

PPLN KBRI Quito akan melakukan penghitungan suara pada hari Rabu, 17 April 2019 pukul 10.00 waktu setempat atau 22.00 WIB. Masyarakat Indonesia juga diharapkan kehadirannya untuk menyaksikan penghitungan suara ini.

Kolom Komentar