Indonesia Harus Perjuangkan Repatriasi Warga Rohingya

Kamis, 25 April 2019, 20:24 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Diskusi di Kebayoran Baru/RMOL

Kementerian Luar Negeri harus mengawal repatriasi warga rohingya ke negara asal mereka, Myanmar. Menurut anggota Komisi I DPR Sukamta menilai pemulangan kembali ke tanah air merupakan solusi terbaik bagi mereka.

"Untuk solusi persoalan Rohingya, Kemenlu harus berupaya keras agar kekerasan dihentikan dan repatriasi dilakukan," ujarnya dalam diskusi bertajuk 'Solusi Masalah Rohingnya' yang dilaksanakan di kawasan Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/4).

Politisi PKS itu meminta pemerintah untuk membuat target persoalan Rohingya. Sebab hanya dengan begitu, maka besar harapan persoalan akan cepat selesai.

"Tapi kita berharap ada target waktu, agar apabila Myanmar tidak mencapai batas waktu. Kita punya opsi diplomasi yang lain. Karena ini persoalan yang sangat masif," tambahnya.

Salah satu yang harus menjadi target Indonesia dalam membantu pembebasan warga rohingnya adalah memperjuangkan hak-hak mereka, yakni dengan mendorong iklim demokrasi benar-benar hidup di Myanmar.  

"Capaian jangka panjang, saya kira perlu mendorong demokratisasi di Myanmar. Dengan demokratisasi itu hak sipil, nilai kemanusiaan, perlindungan HAM bisa dicapai. Tentu Myanmar sudah masuk fase demokratis, tapi masih sangat dini dan jauh dari nilai demokrasi yang sesungguhnya," tutup Sukamta.

Kolom Komentar


loading