Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Naik Tahta, Naruhito Mulai Era Baru Kekaisaran Reiwa Di Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 01 Mei 2019, 09:29 WIB
Resmi Naik Tahta, Naruhito Mulai Era Baru Kekaisaran Reiwa Di Jepang
Kaisar Naruhito/Net
rmol news logo Kaisar baru Jepang Naruhito secara resmi telah naik ke Tahta Krisan, sehari setelah ayahnya, Akihito turun tahta dari monarki tertua di dunia itu. Naruhito membawa era kekaisaran baru yang disebut dengan Reiwa, yang bermakna "harmoni yang indah".

Naruhito secara resmi menjadi kaisar pada tengah malam tadi (Rabu, 1/5), namun prosesi peresmian dilakukan pada pagi hari ini, dengan ritual 10 menit, yang terlarang bagi bangsawan wanita, bahkan istrinya Masako pun tidak diperkenankan hadir.

Pria 59 tahun itu dihadirkan dengan harta kekaisaran suci berupa pedang dan permata, serta meterai negara dan meterai kekaisaran pribadinya, pada upacara khusyuk di Kamar Pinus di Istana Kekaisaran pada pukul 10:30 pagi waktu setempat.

Naruhito naik tahta menjadi kaisar ke-126 Jepang.

Namun perayaan kekaisaran baru akan dilakukan pada 22 Oktober mendatang. Dalam perayaan itu, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan muncul dalam balitan jubah tradisional yang rumit untuk upacara di istana sebelum berparade di jalan-jalan ibukota untuk diberi selamat oleh sejumlah pemimpin dunia dan bangsawan.

Dikabarkan Al Jazeera, Naruhito akan menyambut kepala negara asing pertamanya sebagai kaisar akhir bulan ini, ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Jepang.

Kaisar di bawah konstitusi Jepang adalah simbol tanpa kekuatan politik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA