Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Julian Assange Bersiap Lawan Upaya Ekstradisi Ke Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 02 Mei 2019, 22:59 WIB
Julian Assange Bersiap Lawan Upaya Ekstradisi Ke Amerika Serikat
Penangkapan Julian Assange/Net
rmol news logo Pendiri WikiLeaks, Julian Assange mengatakan kepada pengadilan London bahwa dia akan memerangi ekstradisi ke Amerika Serikat di mana dia dapat menghadapi persidangan untuk salah satu masalah kebocoran rahasia terbesar dalam sejarah.

Ditanya pada sidang di Pengadilan Westminster Magistrates London apakah dia setuju untuk diekstradisi ke Amerika Serikat, Assange, muncul melalui tautan video dari penjara Inggris, mengatakan dia tidak ingin menyerah pada ekstradisi karena melakukan apa yang disebutnya jurnalisme yang telah memenangkan banyak penghargaan.

Amerika Serikat diketahui telah meminta ekstradisi Assange, yang diseret dari kedutaan Ekuador di London pada 11 April, dan menuduhnya melakukan konspirasi untuk melakukan intrusi komputer yang membawa hukuman maksimum lima tahun.

Di Inggris sendiri, Julian Assange dijatuhi hukuman 50 minggu karena melewatkan jaminan Inggris pada tahun 2012 lalu. Pada saat itu, dia menghadapi ekstradisi ke Swedia untuk diinterogasi atas perkosaan dan tuduhan serangan seksual yang dibuat oleh dua wanita.

"Kami telah mengatakan sejak 2010 bahwa risikonya nyata, dan sekarang kami memiliki permintaan ekstradisi sementara dari Amerika Serikat," kata pengacara Jennifer Robinson kepada wartawan.

"Fokus energi kita sekarang adalah untuk melawan permintaan ekstradisi itu," kata Robinson seperti dimuat Al Jazeera. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA