Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol Lindungi Tokoh Oposisi Top Venezuela Di Kedutaan Besar Di Caracas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 04 Mei 2019, 00:28 WIB
Spanyol Lindungi Tokoh Oposisi Top Venezuela Di Kedutaan Besar Di Caracas
Venezuela/Net
rmol news logo Pemerintah Spanyol memastikan tidak akan mengizinkan pemerintah Venezuela memasuki kedutaan besarnya di Caracas dan menangkap seorang tokoh oposisi terkemuka, Leopoldo Lopez.

Lopez diketahui mencari perlindungan di sana pada awal pekan ini setelah dia muncul dengan pemimpin oposisi Juan Guaido untuk menyerukan pemberontakan dan menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.

Namun upaya tersebut gagal karena tentara dan warga Venezuela memberikan dukungan kuat pada Maduro.

Dalam sebuah pernyataan (Jumat, 3/5) Kementerian Luar Negeri Spanyol mengatakan bahwa dalam keadaan apa pun tidak akan memaksa Lopez meninggalkan gedung kedutaan.

Pemerintah Spanyol juga mengatakan bahwa Lopez dan keluarganya telah mencari keselamatan di kedutaan mereka tetapi belum mengklaim suaka politik.

Sementara itu, seperti dimuat BBC, berbicara dari misi diplomatik, Lopez mengatakan dia telah bertemu dengan perwira senior militer Venezuela sebelum upaya pemberontakan yang disebut Maduro sebagai upaya kudeta.

Lopez sendiri telah berada di bawah tahanan rumah tetapi mengatakan dia dibebaskan pada awal pekan ini oleh agen keamanan yang mendukung oposisi.

Pengadilan Venezuela telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Lopez karena melanggar tahanan rumah. Dikatakan bahwa Lopez harus menjalani sisa hukuman 13 tahun penjara.

Dia ditangkap pada 2014 dan dituduh memicu protes keras yang menewaskan puluhan orang tahun itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA