Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Masjid Terbesar Di Turki, Erdogan Kecam Penyerangan Di Tempat Ibadah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 04 Mei 2019, 22:57 WIB
Resmikan Masjid Terbesar Di Turki, Erdogan Kecam Penyerangan Di Tempat Ibadah
Masjid Camlica/Al Jazeera
rmol news logo Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan masjid terbesar dan terbaru di Turki jelang akhir pekan ini.

Masjid itu adalah Camlica yang konstruksinya dimulai pada tahun 2013 dan memiliki kapasitas 63.000 jamaah.

Pemegang rekor Turki sebelumnya dalam kapasitas adalah sebuah masjid di provinsi selatan Adana, yakni Masjid Pusat Sabanci, yang dibuka pada tahun 1998 dan dapat menampung 28.500 jamaah.

Masjid Camlica yang baru diresmikan memiliki kombinasi gaya arsitektur Ottoman dan Seljuk. Masjid ini berada di sisi Asia Istanbul.

Dalam pidato pembukaannya, Erdogan mengecam keras penyerangan di dalam rumah ibadah, seperti yang terjadi dalam serangan penembakan di Masjid Christchurch Selandia Baru dan penyerangan bom di gereja Sri Lanka.

"Serangan atas nama agama di tempat-tempat ibadah atau warga sipil yang tidak bersalah merupakan terorisme, bukan jihad," kata Erdogan, seperti dimuat Al Jazeera.

"Mereka yang menyerang masjid atau mereka yang menargetkan gereja memiliki mentalitas gelap yang sama, mereka semua adalah musuh bersama umat manusia," tambah Erdogan.

Masjid ini memiliki enam menara yang mewakili rukun Iman, aspek utama dari kepercayaan Islam.

Selain masjid, bangunan ini juga memiliki museum seni Islam Turki serta perpustakaan, galeri, ruang konferensi, dan beberapa lokakarya.

Dalam upacara peresmian itu turut hadir Presiden Albania Ilir Meta, Presiden Guinea Alpha Conde, Presiden Senegal Macky Sall dan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh bersama dengan beberapa perwakilan internasional lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA