Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan Pemerintah Suriah Ambil Alih Kota Strategis Dari Pemberontak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 10 Mei 2019, 07:12 WIB
Pasukan Pemerintah Suriah Ambil Alih Kota Strategis Dari Pemberontak
Suriah/Net
rmol news logo Pasukan pemerintah Suriah berhasil mengambil alih kota Qalaat al-Madiq di barat laut Suriah dari pemberontak pada Kamis (9/5).

Pasukan pemerintah Suriah, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, melancarkan operasi darat minggu ini terhadap sayap selatan zona pemberontak yang terdiri dari Idlib dan bagian-bagian provinsi yang berdekatan.

Daerah itu secara nominal dilindungi oleh kesepakatan Rusia-Turki yang disepakati tahun lalu untuk menghindari pertempuran besar baru yang dapat menyebabkan ratusan ribu orang melarikan diri dari daerah itu.

Qalaat al-Madiq adalah kota pemberontak yang paling dekat dengan pangkalan udara Hmeimim Rusia di Latakia.

Penduduk setempat mengatakan pasukan pemerintah Suriah mengambil alih Qalaat al-Madiq dan dua desa terdekat, yakni Tal Hawash dan Al-Karkat.

Aktivis yang berbasis di Idlib, Alaa Moadamani mengkonfirmasi hal itu.

Sementara itu, kelompok pemantau perang Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris mengatakan pemberontak telah ditarik setelah hampir dikepung oleh tentara.

Dikabarkan Al Jazeera, PBB mengatakan pertempuran itu telah mendorong 150.000 warga sipil dari rumah mereka, meningkatkan kekhawatiran tentang krisis kemanusiaan baru di Suriah barat laut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA