Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perhitungan Suara Hampir Rampung, Partai Kongres Nasional Afrika Pertahankan Kekuasaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 10 Mei 2019, 07:32 WIB
Perhitungan Suara Hampir Rampung, Partai Kongres Nasional Afrika Pertahankan Kekuasaan
Afrika Selatan/Net
rmol news logo Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa di Afrika Selatan tampaknya akan mempertahankan kekuasaan, meskipun ada perolehan untuk partai-partai oposisi.

Menjelang Kamis sore (9/5) di Afrika Selatan, ANC, perhitungan suara yang telah mencapai lebih dari 50 persen menunjukkan, ANC meraih sekitar 57 persen suara.

Sementara itu Aliansi Demokratik sentris (DA) mengantongi sekitar 23 persen suara dan partai Pejuang Kemerdekaan Ekonomi (EFF) paling kiri mendekati 10 persen.

Hasil akhir diharapkan akan diumumkan pada akhir pekan ini.

Statistik dari Komisi Pemilihan Independen (IEC) menunjukkan jumlah pemilih sekitar 65 persen, turun dari sekitar 73 persen pada tahun 2014. Analis menyebut, itu adalah cerminan dari kekecewaan yang tumbuh baik dengan ANC yang berkuasa dan sistem politik secara lebih umum.

Tingkat partisipasi sangat rendah di kalangan pemuda dan di kota-kota yang kurang mampu, beberapa di antaranya meletus dalam protes pemberian layanan pada hari-hari menjelang pemilihan.

Menurut Dewan Riset Ilmiah dan Industri (CSIR), ANC kemungkinan akan mendapatkan 58 persen dari penghitungan suara akhir, penurunan tajam dalam kinerja dari pemilihan 2014, ketika partai tersebut mendapatkan 62 persen suara.

Dikabarkan Al Jazeera, ANC tidak pernah mendapatkan suara di bawah 60 persen dalam pemilihan umum sejak awal demokrasi Afrika Selatan 25 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA