Presiden Taiwan: China Meningkatkan Upaya Infiltrasi

Jumat, 10 Mei 2019, 23:31 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Tsai Ing Wen/Net

Presiden Taiwan Tsai In Wen mengatakan bahwa China telah meningkatkan upaya untuk menyusup dan mendapatkan pengaruh di pulau tersebut.

Berbicara setelah pertemuan keamanan nasional (Jumat, 10/5), Tsai mengatakan operasi pengaruh China termasuk upaya untuk mengganggu pemilihan umum dan kampanye berita palsu.

Dia tidak memberikan rincian insiden spesifik soal tuduhannya itu, tetapi dia mengatakan agen keamanan nasional Taiwan akan menemukan cara untuk mengatasi tindakan China.

Dalam kesempatan yang sama, Tsai juga mengatakan Taiwan akan mencegah agresi militer di Selat Taiwan. Dia bersumpah untuk meningkatkan kemampuan pertahanan, termasuk meningkatkan peralatan militer dan program yang baru diluncurkan untuk membangun kapal selam.

"Partai Komunis Tiongkok terus menunjukkan tindakan provokatif di Selat Taiwan, menghancurkan status quo di Selat Taiwan," kata Tsai seperti dimuat Channel News Asia.

Komentarnya mengikuti peningkatan ketegangan lintas-selat bulan lalu ketika militer China melakukan latihan ekstensif dengan kapal perang, pembom dan pesawat pengintai di sekitar pulau itu.

Kolom Komentar


Video

Anggaran Pertahanan Indonesia Paling Kecil di Asia Tenggara, Ini Kata Prabowo

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Namanya Disebut Dalam Sengketa BUMN, Luhut: Saya Tumbuk Mulutnya!

Rabu, 04 Desember 2019
Video

Detik-detik Petugas BPBD Demak Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Rabu, 04 Desember 2019