Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Qatar Desak Saudi Hapus Hambatan Haji Bagi Warganya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 10 Mei 2019, 23:47 WIB
Qatar Desak Saudi Hapus Hambatan Haji Bagi Warganya
Haji/Net
rmol news logo Qatar mendesak Arab Saudi untuk menghapus hambatan dan pembatasan bagi penduduknya yang ingin melakukan ibadah haji. Hal itu dilakukan di tengah perselisihan diplomatik di dua tetangga itu.

Desakan itu dikeluarkan saat Arab Saudi mengumumkan pendaftaran elektronik untuk penduduk Qatar yang memungkinkan mereka melakukan umrah atau ziarah kecil selama bulan suci Ramadhan.

Qatar dan penduduk asing di negara Teluk itu kemudian akan diizinkan mendarat di bandara Jeddah atau Madinah.

Tetapi Komite Nasional Hak Asasi Manusia Qatar mengatakan langkah baru itu tidak memadai, karena perjalanan udara tetap terhambat dan satu-satunya pos perbatasan telah ditutup selama hampir dua tahun.

Dikabarkan Channel News Asi, Kementerian Urusan Islam Qatar meminta pemerintah Saudi untuk mengangkat semua hambatan dan pembatasan yang diberlakukan pada warga dan penduduk Qatar yang ingin melakukan ritual keagamaan mereka.

Pembatasan perjalanan berarti operator tur agama Qatar tidak dapat melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk membuat pengaturan yang diperlukan bagi jamaah haji, seperti negara lain.

Kementerian itu juga menyerukan penghapusan langkah-langkah diskriminatif terhadap Qatar dan penduduk negara Teluk.

Diketahui, sekitar 12.000 Qatar melakukan haji pada bulan September 2016, tetapi beberapa bulan kemudian Arab Saudi dan sekutunya memutuskan hubungan dengan Qatar dan memberlakukan blokade atas dugaan dukungannya untuk kelompok-kelompok Islam radikal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA