Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Militan Houthi Mulai Angkat Kaki Dari Hodeidah, Perdamaian Yaman Di Depan Mata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 12 Mei 2019, 00:55 WIB
Militan Houthi Mulai Angkat Kaki Dari Hodeidah, Perdamaian Yaman Di Depan Mata
Yaman/Net
rmol news logo Gerakan Houthi Yaman pada hari Sabtu (11/5) mulai menarik pasukan dari pelabuhan Saleef di Hodeidah. Langkah itu dilakukan di bawah kesepakatan yang disponsori oleh Amerika Serikat setelah sebelumnya terhenti selama berbulan-bulan.

Menurut saksi di lapangan, seperti dimuat Reuters, tim Amerika Serikat mengawasi pemindahan Houthi di Saleef. Puluhan truk yang membawa para pejuang Houthi, dipersenjatai dengan peluncur granat berpeluncur roket dan senapan mesin, berangkat dari Saleef. Selain itu, dua kapal juga berlabuh di pelabuhan dan operasi berjalan normal.

"Para penjaga pantai telah mengambil alih di Saleef," katanya.

"Mereka dan pejabat Amerika Serikat sudah mulai memeriksa peralatan di pelabuhan," tambahnya.

Sementara itu, secara terpisah, pihak Houthi mengatakan bahwa langkah sepihak mereka menunjukkan komitmen untuk mengimplementasikan perjanjian Hodeidah dan untuk mencapai perdamaian.

Namun, Menteri Informasi Yaman Muammar al-Iryani mengatakan kepada Reuters bahwa penarikan itu adalah pertunjukan yang mencolok.

"Ini merupakan upaya untuk memberi informasi yang salah kepada komunitas internasional sebelum pertemuan Dewan Keamanan Amerika Serikat (di Yaman)," katanya.

"Sekelompok anggota milisi (Houthi) pergi dan mereka digantikan oleh orang lain yang mengenakan seragam polisi penjaga pantai," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA