Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Kapal Tanker Minyak Saudi Disabotase Di Lepas Pantai UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 13 Mei 2019, 23:48 WIB
Dua Kapal Tanker Minyak Saudi Disabotase Di Lepas Pantai UEA
Lokasi sabotase kapal/Net
rmol news logo Arab Saudi mengklaim dua tanker minyaknya disabotase di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA) awal pekan ini. Pihak Saudi menggambarkan langkah itu sebagai upaya untuk merusak keamanan pasokan minyak mentah di tengah ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih pada Senin(16/5) mengatakan bahwa salah satu kapal sedang dalam perjalanan untuk mengambil minyak Saudi untuk dibawa ke Amerika Serikat.

Pengumuman oleh Falih datang ketika sekutu regional UEA mengutuk sabotase yang dilaporkan pada hari Minggu (12/5) atas empat kapal di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah.

Falih menyebut bahwa sabotase itu tidak menyebabkan korban atau tumpahan minyak tetapi menimbulkan kerusakan signifikan pada struktur kapal Saudi.

Dia mengatakan hal itu bertujuan untuk merusak kebebasan maritim dan keamanan pasokan minyak kepada konsumen di seluruh dunia.

"Komunitas internasional memiliki tanggung jawab bersama untuk melindungi keselamatan navigasi maritim dan keamanan kapal tanker minyak, untuk mengurangi dampak negatif dari insiden seperti itu di pasar energi dan bahaya yang ditimbulkannya terhadap ekonomi global," katanya seperti dimuat Al Jazeera.

Serangan itu terjadi di dekat emirat Fujairah UEA, salah satu pusat bunkering terbesar di dunia yang terletak tepat di luar Selat Hormuz. Manajemen Kapal Thome mengatakan, kapal tanker produk minyak Norwegia-terdaftar MT Andrew Victory terkena objek yang tidak diketahui. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA