Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping: Tidak Ada Bentrokan Peradaban Di Tengah Perang Dagang AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 15 Mei 2019, 21:58 WIB
Xi Jinping: Tidak Ada Bentrokan Peradaban Di Tengah Perang Dagang AS
Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping memastikan bahwa tidak ada clash of civilisations atau bentrokan peradaban di tengah perang dagang dengan Amerika Serikat.

Pernyataannya itu disampaikan Xi setelah seorang pejabat tinggi Amerika Serikat bulan lalu menggambarkan persaingan antara China dan Amerika Serikat sebagai pertarungan dengan peradaban yang sangat berbeda dan ideologi yang berbeda.

"Berpikir bahwa ras dan budaya seseorang lebih unggul, dan bersikeras mengubah atau bahkan mengganti peradaban lain adalah bodoh dalam pemahaman dan malapetaka dalam praktiknya," kata Xi pada upacara pembukaan Konferensi Dialog Peradaban Asia di Beijing (Rabu, 15/5).

Dia menambahkan, jika budaya manusia hanya mengambil satu rona, dunia akan menjadi terlalu membosankan dan tidak menarik. Dia menuji kebajikan budaya yang beragam.

"Saya telah mengunjungi banyak tempat di dunia," kata Xi.

"Yang paling menarik bagi saya adalah budaya dengan pesona yang berbeda, seperti kota kuno Samarkand di Asia Tengah, Kuil Luxor di Mesir, Sentosa di Singapura, Wat Phra Kaew di Thailand dan Acropolis of Athens di Yunani, dan sebagainya," tambahnya.

"Tidak ada bentrokan antara peradaban yang berbeda, (kita) hanya perlu memiliki mata untuk menghargai keindahan di semua peradaban," tambahnya, tanpa menyebut Amerika Serikat.

Pidato Xi datang kurang dari seminggu setelah negosiasi perdagangan antara Washington dan Beijing mengalami situasi yang buruk. Di mana Amerika Serikat menerapkan tarif 200 miliar dolar AS pada barang dagangan China.

Awal pekan ini China membalas dengan pengumuman bahwa mereka akan menaikkan tarif barang-barang Amerika Serikat senilai 60 miliar dolar AS mulai 1 Juni mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA