KBRI Kyiv Gelar Buka Bersama Dengan Tokoh Islam Di Ukraina

Buka bersama KBRI Kyiv/Istimewa

Memasuki hari ke-9 bulan suci Ramadan, KBRI Kyiv menggelar iftar (buka puasa) bersama pemuka Islam Ukraina di Wisma Duta, Selasa (14/5). Wisma Duta merupakan kediaman Duta Besar RI Kyiv, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi.

Salah satu pemuka Islam yang hadir adalah Mufti Ukraina, Shekh Ahmet Tamim yang tiba beserta pimpinan ulama Masjid Ar Rahma pada pukul 20.00 waktu setempat. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Dubes Yuddy beserta istri dan seluruh jajaran KBRI.

Sambil menunggu azan, Dubes Yuddy dan Mufti berdiskusi tentang perkembangan umat Islam yang cepat di Ukraina yang membawa pesan damai dan harmoni. Umat Islam Ukraina mayoritas adalah orang Ukraina asli yang masuk Islam yang terus meningkat sejak kemerdekaan Ukraina.

Shekh Ahmet Tamim mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh Dubes RI dalam mempererat tali persaudaraan antar-sesama Muslim di Ukraina dan mendekatkan persaudaraan Muslim Ukraina dan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Sementara itu, Dubes Yuddy memuji kegigihan Shekh Tamim dalam memperjuangkan kehidupan umat Islam di Ukraina. Menurut Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, perjuangan untuk mempertahankan dan meneruskan perkembangan kehidupan Islam di Ukraina jauh lebih berat daripada di Indonesia yang mayoritas penduduknya sudah berpenduduk Islam.

Saat Azan berkumandang, tepat pukul 20.30 waktu setempat, Dubes Yuddy mengajak para tamu untuk mencicipi es cendol, manisan buah, bubur, emping manis dan tak ketinggalan kurma. Acara dilanjutkan makan malam bersama dan tampak para tamu menikmati suguhan yang dirancang oleh KRT (kepala rumah Tangga) selaku Chef Wisma Duta, Putu Mahayasa yang terjun langsung menyiapkan hidangan atas arahan Dubes Yuddy.

Para tamu diajak mencicipi lontong sayur, semur daging, sate ayam, sambel goreng printil, tahu goreng, telur balado, udang goreng tepung, dan buah-buahan.

Pada akhir acara, sebelum meninggalkan Wisma Duta, Mufti Ukraina Shek Ahmet Tamim sekali lagi menyampaikan terima kasihnya kepada Dubes RI selaku wakil pemerintah RI di Ukraina atas perhatian yang diberikan kepada umat Muslim di Ukraina khususnya dalam upayanya memperkuat ukuwah Islamiah dan memupuk tali persaudaraan sesama umat Muslim.
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

Idul Fitri Ditengah Pandemi

Kamis, 28 Mei 2020
Video

VIRAL, Potongan Video SBY yang di Unggah Tahun 2018

Kamis, 28 Mei 2020

Artikel Lainnya

Lewat BNPB, KOTRA Sumbangkan 5.000 Alat Tes PCR
Dunia

Lewat BNPB, KOTRA Sumbangkan..

29 Mei 2020 17:21
AS Kerahkan Sistem Pertahanan Rudal THAAD Di Korea Selatan, China Geram
Dunia

AS Kerahkan Sistem Pertahana..

29 Mei 2020 16:18
Sudah Punya 15, Norwegia Tetap Tambah Tiga Lagi Pesawat Tempur Siluman F-35 Terbaru
Dunia

Sudah Punya 15, Norwegia Tet..

29 Mei 2020 16:12
China Bangun Terowongan Angin FL-62 Untuk Rancang Pesawat Tempur Generasi Keenam Sebelum 2035
Dunia

China Bangun Terowongan Angi..

29 Mei 2020 15:49
Soal UU Keamanan Nasional Hong Kong, Kemlu: Jika AS Terus Campur Tangan, China Siap Bertindak
Dunia

Soal UU Keamanan Nasional Ho..

29 Mei 2020 15:40
Gelombang Panas Dan Serbuan Belalang, Melengkapi Kesengsaraan India Di Tengah Pandemik Covid-19
Dunia

Gelombang Panas Dan Serbuan ..

29 Mei 2020 15:26
Apresiasi Tenaga Medis, Tim Aerobatik Jepang Hiasi Langit Tokyo
Dunia

Apresiasi Tenaga Medis, Tim ..

29 Mei 2020 15:01
Khawatir Ada Mata-mata Di Kampus, Trump Titahkan Pembatalan Visa Mahasiswa Pascasarjana Dari China
Dunia

Khawatir Ada Mata-mata Di Ka..

29 Mei 2020 14:43