Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Resmi Tangkap Dua WN Kanada Atas Tuduhan Rahasia Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 17 Mei 2019, 00:39 WIB
China Resmi Tangkap Dua WN Kanada Atas Tuduhan Rahasia Negara
Kanada/Net
rmol news logo Pemerintah China secara resmi telah menangkap dua warga Kanada atas tuduhan rahasia (Kamis, 16/5).

Keduanya adalah pengusaha Michael Spavor, yang bekerja dengan Korea Utara, dan mantan diplomat Michael Kovrig. Mereka ditangkap sejak tahun lalu, tidak lama setelah Kanada menangkap Kepala Keuangan Huawei Technologies Co Ltd Meng Wanzhou, yang menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

"Menurut persetujuan jaksa penuntut Tiongkok, Michael Kovrig, karena dicurigai melakukan kejahatan mengumpulkan rahasia negara dan intelijen untuk pasukan asing (pasukan), dan Michael Spavor, karena dicurigai melakukan kejahatan mencuri dan secara ilegal menyediakan rahasia negara untuk pasukan asing (pasukan), dalam beberapa hari terakhir telah disetujui untuk ditangkap menurut hukum," kata jurubicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang, (Kamis, 16/5).

Lu menambahkan, langkag-langkah itu sesuai dengan hukum. Beijing berharap Kanada tidak akan membuat pernyataan tidak bertanggung jawab tentang penegakan hukum dan proses peradilan di China.

Kanada mengecam pengumuman China itu. "Kanada mengecam keras penangkapan sewenang-wenang mereka karena kami mengutuk penahanan sewenang-wenang mereka pada 10 Desember. Kami menegaskan kembali permintaan kami bahwa China segera membebaskan Kovrig dan Spavor," kata Kementerian Luar Negeri Kanada, seperti dimuat Reuters. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA