Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2 Kapal AL Australia Merapat Ke Tanjung Priok, Ini Misinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 19 Mei 2019, 08:39 WIB
2 Kapal AL Australia Merapat Ke Tanjung Priok, Ini Misinya
Foto:Kedubes Australia
RMOL. Dua kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra dan HMAS Newcastle, telah tiba di Jakarta, tepatnya di JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kedatangna dua kapal itu merupakan bagian dari misi Indo-Pacific Endeavour 2019 untuk memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan.

Melalui keterangan tertulis yang diterima, Minggu (19/5) disebutkan kunjungan HMAS Canberra dan HMAS Newcastle merupakan bagian terakhir dari misi mereka, menyusul berbagai kegiatan pelatihan bencana dan militer dengan Indonesia serta India, Sri Lanka, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kedatangan dua kapal ini dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Australia Laksamana Madya Michael Noonan dan Komandan Satuan Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019, Marsekal Pertama Rick Owen, yang telah bergabung dengan lebih dari 1.000 personel Pasukan Pertahanan Australia di Jakarta.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengatakan, kunjungan ini menunjukkan bahwa hubungan yang kuat dengan Indonesia sangat penting bagi keamanan nasional Australia.

“Indonesia dan Australia berbagi perbatasan maritim terpanjang dari dua negara di dunia dan kami bekerja sama untuk membina kerja sama yang lebih besar antara pasukan pertahanan kami,” katanya.

Menurut dia, kerja sama yang erat antardua mitra strategis tersebut sangat penting dalam memastikan wilayah Indo-Pasifik yang aman, terbuka, sejahtera, dan tangguh.

Quinlan juga menekankan, Indonesia dan Australia bekerja erat dalam berbagai masalah keamanan, termasuk penanggulangan terorisme, keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, kerjasama pemeliharaan perdamaian serta industri pertahanan.

Selama di Jakarta, HMAS Canberra, sebuah kapal pendarat helikopter, akan menjadi tuan rumah yang menyelenggarakan sebuah lokakarya tentang bantuan tanggap bencana, sekaligus buka puasa bersama.

Selain itu juga dibuka pameran untuk industri pertahanan Australia yang canggih ditampilkan untuk kali pertamanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA