Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sasar Militan PKK, Turki Tempatkan Pasukan Di Perbatasan Irak Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 29 Mei 2019, 06:49 WIB
Sasar Militan PKK, Turki Tempatkan Pasukan Di Perbatasan Irak Utara
Turki/Net
rmol news logo Militer Turki menempatkan pasukan komando di punggung gunung dalam operasi baru terhadap militan Kurdi yang berbasis di perbatasan di Irak utara. Begitu dipastikan oleh Kementerian Pertahanan Turki pada Selasa (28/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam sebuah pernyataan, dorongan itu dimulai dengan serangan artileri dan udara pada Senin sore (27/5), dan operasi oleh brigade komando dimulai malam itu.

Operasi itu menargetkan wilayah Hakurk Irak, tepat di seberang perbatasan dari ujung tenggara Turki, yang juga berbatasan dengan Iran.

Kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) bermarkas di Irak utara, terutama di wilayah Qandil di sebelah selatan Hakurk tersebut.

"Dengan operasi ini, tujuannya adalah untuk menghancurkan gua dan tempat perlindungan yang digunakan oleh organisasi teroris dan menetralisir teroris di wilayah Hakurk," kata kementerian tersebut.

Video yang diterbitkan oleh kementerian menunjukkan helikopter mendarat pasukan komando di daerah pegunungan.

Militer Turki juga dibagikan foto-foto yang memperlihatkan peluru yang ditembakkan oleh tentara yang bersiaga di punggung bukit, mengamati lereng bukit dengan senapan mereka.

"Operasi itu, dengan dukungan helikopter serang kami, terus berjalan sesuai rencana," kata pernyataan itu, seperti dimuat Reuters.

PKK diketahui melancarkan pemberontakan di Turki terutama Kurdi tenggara pada tahun 1984 dan lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam konflik. PKK ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Ankara, Uni Eropa dan Amerika Serikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA