Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekonomi Vietnam Diprediksi Salip Singapura Dalam Satu Dekade Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 29 Mei 2019, 16:30 WIB
Ekonomi Vietnam Diprediksi Salip Singapura Dalam Satu Dekade Mendatang
Ho Chi Minh City Vietnam/Net
rmol news logo Perekonomian Vietnam dinilai mampu mencapai pertumbuhan hingga 6,5 persen per tahun selama 10 tahun mendatang. Hal itu membuat Vietnam mampu menyalip perekonomian Singapura yang selama ini terdepan di Kawasan Asia Tenggara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ekonom Senior Development Bank of Singapore (DBS) Irvin Seah mengatakan, perang dagang antara China dan Amerika Serikat membuat fundamental ekonomi Vietnam termasuk produktivitas dan infrastruktur mengalami peningkatan. Tren itu, katanya membuat Vietnam menjadi tujuan utama investasi asing.

"Sederhananya, ekonomi Vietnam akan lebih besar dari ukuran ekonomi Singapura dalam satu dekade mendatang," kata Seah seperti dikutip dari Nikkei Asian, Rabu (29/5).

Prediksi itu, imbuh Seah akan terwujud dengan catatan Vietnam terus mempertahankan tren pertumbuhan ekonomi tersebut.

Masih menurut Seah, ekonomi Vietnam memiliki potensi pertembuhan pada tingkat antara 6 hingga 6,5 persen. Rinciannya, 5,5 persen adalah pertumbuhan produktivitas, sedangkan 1 persen dari pertumbuhan populasi usia kerja. Menurut Seah, jumlah itu adalah 69 persen ukuran ekonomi Singapura.

Sementara, Data DBS menunjukkan investasi asing dari China di Vietnam sangat besar dalam empat bulan pertama tahun 2019. Jumlahnya mencapai 1,3 miliar dolar Amerika, yang membuat Vietnam menjadi destinasi investasi China terbesar dibanding negara lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA