Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menantu Trump: Palestina Tidak Mampu Menentukan Nasib Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 03 Juni 2019, 21:37 WIB
Menantu Trump: Palestina Tidak Mampu Menentukan Nasib Sendiri
Jared Kushner/Net
rmol news logo Penasihat Senior Gedung Putih Jared Kushner mengatakan bahwa Palestina mungkin akan layak untuk menentukan nasib sendiri di masa depan. Namun dia menegaskan bahwa dukungan atas negara Palestina harus dihentikan karena ketidakpastian atas kemampuan Palestina dalam memerintah sendiri pada saat ini.

Hal itu disampaikan Kushner yang juga merupakan menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam wawancara televisi dengan Axios pada program HBO (Minggu, 2/6).

Ditanya soal apakah dia yakin Palestina mampu memerintah diri sendiri tanpa campur tangan Israel, Kushner mengatakan ada kemungkinan.

"Itu yang harus kita lihat. Harapannya, mereka (Palestina) seiring waktu, akan menjadi mampu memerintah," kata Kushner.

"(Palestina) perlu memiliki sistem peradilan yang adil, kebebasan pers, kebebasan berekspresi, serta toleransi untuk semua agama," tambahnya.

Namun dalam kesempatan yang sama, Kushner menghindari mengatakan secara eksplisit apakah rancangan kebijakan Amerika Serikat untuk Israel dan Palestina yang dirancangnya akan mencakup solusi dua negara, yang merupakan landasan kebijakan Amerika Serikat selama beberapa dekade atau tidak.

"Saya pikir mereka harus memiliki penentuan nasib sendiri. Saya akan meninggalkan detail sampai kita keluar dengan rencana yang sebenarnya," kata Kushner.

Dikabarkan Al Jazeera, Kushner bulan lalu mengindikasikan bahwa Amerika Serikat akan menarik diri dari kebijakan solusi dua negara.

"Jika Anda mengatakan dua negara, itu berarti satu hal bagi Israel, itu berarti satu hal bagi Palestina," katanya kepada Institut Washington untuk Kebijakan Timur Dekat bulan lalu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA