Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Siap Jual Peralatan Tempur Kepada Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 06 Juni 2019, 12:53 WIB
AS Siap Jual Peralatan Tempur Kepada Taiwan
Tank M1A2 Abrams/Net
rmol news logo Amerika Serikat dikabarkan tengah bersiap untuk menjual peralatan tempur bernilai lebih dari dua miliar dolar AS kepada Taiwan.

Seorang sumber kepada kantor berita Reuters, seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (6/6) menyebutkan, seseorang telah dikirim ke Kongres AS untuk menyampaikan proposal terkait jual beli itu.

Sejumlah peralatan tempur termasuk dalam proposal itu seperti 108 tank jenis M1A2 Abrams, yang nilainya sekitar 2 miliar dolar AS.

Selain itu, Washington juga siap menjual 409 rudal antitank jenis Javelin senilai 129 juta dolar, 1240 rudal antitank jenis TOW senilai 299 juta dolar, dan 250 rudal antipesawat jenis Stinger senilai 223 juta dolar.

Kabar tersebut tentu saja mengejutkan sejumlah pihak termasuk China. Pasalnya, hingga saat ini China masih mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah teritorinya.

Dilain pihak, Taiwan juga mengindikasikan keinginan kuat untuk memodernisasi peralatan tempur yang dimiliki di tengah ancaman China.

Namun begitu, pihak Gedung Putih belum mau mengonfirmasi kabar penjualan senjata kepada Taiwan tersebut.

Sejauh ini, Amerika Serikat adalah sumber persenjataan utama bagi Taiwan meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik resmi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA