Berkunjung Ke Kolombia, Angelina Jolie Khawatirkan Nasib 20 Ribu Anak Venezuela

Minggu, 09 Juni 2019, 23:47 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Angelina Jolie/Net

Bintang Hollywood Angelina Jolie mendesak masyarakat internasional untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada tiga negara Amerika Selatan yang menampung migran terbanyak dari Venezuela, yakni Kolombia, Peru dan Ekuador.

Jolie menyuarakan kegelisahan akan nasib 20 ribu anak-anak Venezuela yang beresiko tidak memiliki hak kewarganegaraan dasar.

Hal tersebut disampaikan Jolie saat berada di Kolombia sebagai utusan khusus untuk Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Kunjungannya ke Kolombia adalah untuk bertemu dengan migran Venezuela di sana dan bertemu dengan Presiden Kolombia Ivan Duque di Cartagena.

"Presiden dan saya berbicara tentang risiko kewarganegaraan bagi lebih dari 20 ribu anak-anak Venezuela, komitmennya untuk selalu membantu anak-anak," kata Jolie.

"Kami sepakat tentang kebutuhan mendesak bagi masyarakat internasional untuk memberikan lebih banyak dukungan ke Kolombia, Peru dan Ekuador, yang menanggung beban terbesar dari krisis ini," sambungnya, seperti dimuat Reuters.

Diketahui bahwa empat juta pengungsi dan migran Venezuela angkat kaki dari negara mereka di tengah krisis ekonomi dan kemanusiaan yang terjadi.

Lebih dari satu juta di antara mereka tinggal di Kolombia. Pemerintah dan lembaga-lembaga bantuan telah berjuang untuk menyediakan perumahan, makanan dan perawatan kesehatan bagi gelombang migran yang terus tumbuh yang tiba di daerah perbatasan.

Sementara itu, orangtua dari anak-anak Venezuela yang lahir di luar negeri sering berjuang untuk mendaftarkan kelahiran bayi mereka, baik karena mereka tidak memiliki akses ke jumlah konsulat Venezuela atau karena mereka tidak memiliki dokumen migrasi.

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019