Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Tuai Protes, Hong Kong Tegas Tidak Akan Tarik RUU Ekstradisi Ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 10 Juni 2019, 23:59 WIB
Meski Tuai Protes, Hong Kong Tegas Tidak Akan Tarik RUU Ekstradisi Ke China
Carrie Lam (kanan)/Net
rmol news logo Hong Kong tidak akan menarik rencana kontroversial untuk mengesahkan Rancangan Undang-undang yang memungkinkan ekstradisi tahanan Hong Kong ke dataran China.

Hal itu dipastikan oleh Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam pada Senin (10/6). Kepala Eksekutif merupakan jabatan sipil tertinggi di Hong Kong.

"Ini adalah undang-undang yang sangat penting yang akan membantu menegakkan keadilan dan juga memastikan bahwa Hong Kong akan memenuhi kewajiban internasionalnya dalam hal kejahatan lintas batas dan transnasional," kata Lam, seperti dimuat Al Jazeera.

Penegasan ini dibuat Lam setelah sehari sebelumnya (Minggu, 9/6), ratusan ribu warga Hong Kong turun ke jalan untuk menentang RUU itu. Pihak penyelenggara mengklaim bahwa jumlah massa yang berpartisipasi dalam aksi itu mencapai lebih dari satu juta orang. Namun polisi mengklaim jumlahnya hanya sekitar 200 ribu orang.

Mereka protes atas RUU itu karena menilai hal tersebut akan dapat merusak aturan hukum kota dan membuat banyak orang berisiko diekstradisi ke China untuk kejahatan politik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA