Bangkai Kapal Mermaid Hungaria Diangkat Dari Sungai, Empat Jasad Ditemukan

Selasa, 11 Juni 2019, 22:28 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

Bangkai Kapal Mermaid yang diangkat di Hungaria/Reuters

Tim penyelamat Hungaria menemukan empat jasad ketika mereka mengangkat bangkai kapal Mermaid dari Sungai Danube di Budapest pada Selasa (11/6).

Bangkai kapal diangkat selang dua minggu setelah kecelakaan yang menyebabkan kapal karam dan terbalik. Kapal Mermaid tenggelam dalam hitungan detik pada tanggal 29 Mei lalu setelah kapal pesiar besar menabraknya dari belakang di bawah jembatan di ibukota Hungaria selama hujan lebat.

Akibatnya, 26 wisatawan asal Korea Selatan dan dua awal kapal asal Hungaria meninggal dunia. Kecelakaan itu merupakan bencana terburuk di sungai tersebut dalam setengah abad terakhir.

Jurubicara kepolisian Hungaria, Kristof Gal menjelaskan bahwa keempat jasad yang baru ditemukan setelah bangkai kapal diangkat masih dalam proses diidentifikasi.

Dia menambahkan, tim pencarian pun dilipatgandakan untuk mencari empat korban lainnya yang masih dinyatakan hilang.

Bangkai kapal baru bisa diangkat pekan ini karena banjir yang surut. Dua pekan terakhir, tim penyelamat bekerja keras untuk bisa mengangkat kapal dalam kondisi arus yang kuat dan visibilitas yang buruk.

"Kami menyelesaikan pekerjaan bawah air kemarin," kata penyelam industri Zoltan Papp yang terlibat dalam pencarian, kepada Reuters.

Bangkai kapal Mermaid sendiri diangkat ke sebuah tongkang yang akan membawanya ke Csepel, yakni sebuah pelabuhan industri di Budapest selatan.

Sementara itu, kapten kapal kedua yang terlibat dalam tabrakan, yakni kapal pesiar Viking Sigyn yang menabrak kapal Mermaid ditahan karena dicurigai melakukan pelanggaran dalam lalu lintas melalui air yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Polisi telah mengidentifikasi kapten kapal itu sebagai C. Yuriy yang berusia 64 tahun. Dia berasal dari Odessa, Ukraina.
Tag:

Kolom Komentar