AS Stop Pelatihan Pilot Turki Untuk Jet Tempur F-35

Rabu, 12 Juni 2019, 00:30 WIB | Laporan: Amelia Fitriani

F-35 Amerika Serikat/Net

Amerika Serikat mengurangi keterlibatan Turki dalam program jet tempur siluman F-35. Langkah itu diambil lantaran rencana Ankara untuk membeli sistem pertahanan udara Rusia yang dianggap dapat menimbulkan bahaya bagi F-35.

Para pejabat Amerika Serikat mengumumkan awal pekan ini bahwa Washington telah menghentikan pelatihan pilot Turki atas pesawat tempur F-35 di sebuah pangkalan udara di negara bagian Arizona, Amerika Serikat.

Langkah di Pangkalan Angkatan Udara Luke itu terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan, hanya selang beberapa hari setelah penjabat kepala pertahanan Amerika Serikat Patrick Shanahan mengatakan kepada rekannya di Turki bahwa pilot mereka yang sudah berada di negara itu bisa tetap tinggal sampai akhir Juli.

Dikabarkan Al Jazeera, Washington memberi Ankara tenggat waktu hingga Juli untuk mengambil keputusan untuk tetap membeli sistem rudal S-400 Rusia atau membatalkannya.

Amerika Serikat menilai, akuisisi pertahanan rudal Turki dari Rusia menimbulkan ancaman bagi pesawat tempur F-35 Lockheed Martin, yang juga ingin dibeli oleh Ankara.

Kolom Komentar