Unjuk Rasa Tolak RUU Ekstradisi Hong Kong Diwarnai Bentrok Sejak Pagi

Rabu, 12 Juni 2019, 08:16 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Unjuk rasa tolak RUU Ekstradisi/Net

Aksi unjuk rasa atas RUU ekstradisi kontroversial kembali terjadi di Hong Kong sejak pagi ini (Rabu, 12/6).

Sejumlah bentrok terjadi ketika ribuan demonstran menyerbu jalan utama di sebelah kantor pemerintahan Hong Kong. Mereka dihadan oleh ratusan polisi anti huru hara yang bersiaga.

Massa yang datang dari berbagai spektrum masyarakat Hong Kong itu bahkan banyak yang mulai berkumpul sejak malam hari.

Reuters memuat, ribuan pengunjuk rasa berkumpul di dan sekitar jalan utama Lung Wo, dekat kantor Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam. Ratusan polisi anti huru hara memperingatkan mereka untuk berhenti maju.

Beberapa pengunjuk rasa kemudian mendirikan barikade untuk memblokir lalu lintas di jantung pusat keuangan Asia tersebut.

Aksi unjuk rasa ini merupakan yang kedua dilakukan untuk memprotes RUU ekstradisi yang memungkinkan tahanan Hong Kong untuk diadili di China. Aksi unjuk rasa pertama digelar secara besar-besaran pada akhir pekan kemarin (Minggu, 9/6).

Aksi hari ini kembali terjadi karena Kepala Eksekutif Carrie Lam awal pekan ini menegaskan bahwa dia akan terus maju dengan RUU yang kontroversial itu meskipun ada kekhawatiran luas di masyarakat.

Lam telah berusaha untuk menenangkan keprihatinan publik dan mengatakan pemerintahannya menciptakan amandemen tambahan pada RUU tersebut, termasuk menjaga hak asasi manusia. Namun aksi unjuk rasa tetap tidak terbendung.
Tag:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019