Kim Jong Un Kirim Karangan Bunga Untuk Mantan Ibu Negara Korsel Yang Wafat

Rabu, 12 Juni 2019, 22:47 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Kakak Kim Jong Un, Kim Yo Jong dan karangan bunga/Reuters

Kakak perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong berkunjung ke desa perbatasan Korea Selatan, Panmunjom di Zona Demiliterisasi hari ini (Rabu, 12/6).

Kunjungannya itu dilakukan untuk memberikan karangan bunga sebagai bentuk belasungkasa atas wafatnya mantan ibu negara Korea Selatan, yakni Lee Hee Ho, janda mantan Presiden Korea Selatan Kim Dae Jung.

Kim Yo Jong datang menyampaikan belasungkawa untuk mewakili saudaranya, Kim Jong Un.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan, Kim Yo Jong tidak memiliki pesan atau surat khusus untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae In.

"Dia mengatakan dia berharap Korea Selatan dan Korea Utara akan melanjutkan kerja sama, menjunjung tinggi tekad Lee Hee Ho untuk rekonsiliasi dan kerja sama antara rakyat," kata penasihat keamanan nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong, seperti dimuat Reuters.

"Hari ini, dia fokus pada menghargai almarhum dan berbagi belasungkawa," sambungnya.

Dalam kesempatan terpisah, sekretaris pers Presiden Moon mengatakan bahwa Kim Yo Jong juga mengatakan bahwa Kim Jong Un memiliki perasaan khusus terhadap Lee. Lee sendiri diketahui tutup usia hari Senin kemarin (10/6) di ibukota Korea Selatan, Seoul.

Mendiang suami Lee, yakni Kim Dae Jung, merupakan sosok pemimpin yang mempromosikan perbaikan hubungan dengan Korea Utara. Dia di menjadi pemimpin Korea Selatan pertama yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara saat itu, Kim Jong Il, pada tahun 2000.

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019