Trump: AS Bersiap Kirim 1.000 Pasukan Lagi Ke Polandia

Kamis, 13 Juni 2019, 07:47 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Pasukan Amerika Serikat/Net

Amerika Serikat akan mengerahkan 1.000 pasukan lagi ke Polandia dalam waktu dekat ini. Begitu penegasan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat konferensi pers dengan Perdana Menteri Polandia Andrzej Duda di Amerika Serikat (Rabu, 12/6).

Trump mengatakan, pasukan itu akan diambil dari pasukan Amerika yang berkekuatan 52.000 orang di Jerman. Selain pasukan, Amerika Serikat juga akan mengirimkan pesawat tak berawak dan perangkat keras militer lainnya.

Kedua pemimpin negara itu menandatangani deklarasi bersama yang menegaskan kerja sama negara-negara di bidang pertahanan.

Perjanjian tersebut mencakup ketentuan bagi Polandia untuk menyediakan pangkalan dan infrastruktur untuk 1.000 tentara Amerika Serikat yang sementara waktu akan ditempatkan atas dasar rotasi.

Tidak jelas juga siapa yang akan menanggung biaya penyebaran pasukan Amerika Serikat terbaru.

Dikabarkan BBC, saat ini ada sekitar 5.000 tentara sudah masuk dan keluar dari Polandia. Ini adalah bagian dari perjanjian NATO 2016, yang dibuat sebagai tanggapan terhadap aneksasi Krimea Moskow dari Ukraina pada 2014.

Kunjungan itu merupakan yang kedua bagi Duda dalam waktu kurang dari setahun. Dia datang untuk merayakan ulang tahun ke-20 keanggotaan Polandia di NATO dan peringatan 30 tahun kejatuhan komunisme di negara itu.
Tag:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019