Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Tuding Iran Dalang Di Balik Serangan Dua Kapal Tanker Di Teluk Oman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 14 Juni 2019, 07:39 WIB
AS Tuding Iran Dalang Di Balik Serangan Dua Kapal Tanker Di Teluk Oman
Kapal tanker yang diserang di Teluk Oman/Net
rmol news logo Amerika Serikat menuding Iran berada di balik serangan yang terjadi di dua kapal tanker komersial di Teluk Oman pada Kamis kemarin (13/6).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menuding, berdasarkan informasi intelijen, serangan itu dilakukan oleh Iran.

"Ini adalah penilaian Amerika Serikat bahwa Republik Islam Iran bertanggung jawab atas serangan-serangan itu," kata Pompeo pada konferensi pers di Washington (Kamis, 13/6).

Dia menuding bahwa serangan tanpa alasan merupakan ancaman nyata bagi perdamaian dan keamanan.

"Penilaian ini didasarkan pada intelijen, senjata yang digunakan, tingkat keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan operasi, serangan Iran baru-baru ini yang serupa pada pengiriman, dan fakta bahwa tidak ada kelompok proksi yang beroperasi di daerah tersebut memiliki sumber daya dan kemampuan untuk bertindak dengan tingkat kecanggihan tinggi," sambungnya.

Namun Pompeo tidak memberikan bukti lebih lanjut.

"Ini hanya yang terbaru dari serangkaian serangan yang dihasut oleh Republik Islam Iran dan penggantinya terhadap kepentingan Amerika dan sekutu," jelas Pompeo.

"Secara keseluruhan, serangan tak beralasan ini menghadirkan ancaman nyata bagi perdamaian dan keamanan internasional, serangan terang-terangan terhadap kebebasan navigasi, dan kampanye yang tidak dapat diterima untuk meningkatkan ketegangan oleh Iran," tambahnya seperti dimuat BBC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA